Minggu, 16 Juli 2017

Hari Pertama Sekolah dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah HPS dan MPLS Tahun Ajaran 2017/2018

HPS dan PLS di jenjang sekolah dasar
Pengenalan Lingkungan Sekolah pada Hari Pertama Sekolah (HPS/PLS) Tahun Ajaran 2017/2018 

Selamat datang para guru dan rekan ops sekalian, apa kabarnya.

Tak terasa hari libur panjang telah kita lalui tiba saatnya kita beraktifitas kembali ke sekolah. Hari Pertama Sekolah HPS dan Masa Pengenalan Sekolah merupakan tindak lanjut setelah sekolah atau satuan pendidikan melaksanakan kegiatan PPDB Penerimaan Pendaftaran Siswa Baru yang telah dilaksanakan sebelumnya yakni PPDB tahun ajaran 2017/2018 yang pada tahun ini menerapakan sistem zonasi walaupun banyak kecaman pro dan kontra dari oran tua siswa maupun guru tetapi jangan sampai menyurutkan semangat untuk memulai kegiatan pembelajaran pada tahun ajaran baru pada awal tahun ajaran ini.


Sasaran kegitan MPS ini adalah semua komponen pendidikan ; siswa, orang tua dan guru dapat mengenal ingkungan sekolahnya dan siswa mampu mengetahui potensi diri sebagai bentuk adaptasi dan apresiasi terhadap lingkungan sekolah.Orang tua yang mengantarkan anaknya pada Hari Pertama Sekolah (HPS) dapat memanfaatkannya untuk membangun kemitraan antara orangtua, siswa, guru, dan sekolah. Pada HPS itu, guru sebaiknya  menyampaikan rencana kegiatan setahun pada orangtua. Selain itu, guru juga wajib berinteraksi dengan orangtua untuk mengetahui potensi dan karakter anak.
Hal tersebut sebagaiman tercantum pada surat edaran kadis Kabupaten Tangerang Nomor 421.3/174/-Disdik, juga diharapkan dengan adanya kegitan Masa Pengenalan lingkungan Sekolah diharapkan sekolah menjadi tempat yang aman dan nyaman dari hal-hal yang berbau tindak kekerasan sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud_Tahun2015_Nomor 082 tentang PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK KEKERASAN
DI LINGKUNGAN SATUAN PENDIDIKAN.

Berikut poster dan keterangan mengenai sosialisasi Hari Pertama Sekolah (HPS)


Dokument link eksternal mengenai HPS dan MPLS tahun ajaran 2017/2018 dapat anda unduh pada tautan di bawah yang berisi :

  1. Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru
  2. Permendikbud_Tahun2015_Nomor082.pdf 
  3. Sosmed Sosialisasi HPS 2017.pdf
  4. SURAT KADIS PERIHAL HPS (1).jpg
  5. SURAT KADIS PERIHAL HPS (2).jpg





Nama File Format File Link
HPS dan MPLS Tahun Ajaran 2017/2018 Pdf in Folder Google Drive
HPS dan MPLS Tahun Ajaran 2017/2018 Rar. 10 MB Google Drive

Terima kasih telah berkunjung, semoga kita semua slalu diberikan kesehatan untuk dapat melaksanakan akifitas sehari-hari.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ref : KKO Kab .Tangerang
         Kemdikbud.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ada yang dapat kami bantu ! silahkan berkomentar